Fakta-fakta Keramat, Film Horor Indonesia Terseram Pada Masanya

Fakta-fakta Keramat, Film Horor Indonesia Terseram Pada Masanya

Film horor Indonesia kini jadi tuan rumah di negeri sendiri. Terbukti banyak film yang sukses dan laris di bioskop termasuk Pengabdi Setan 2: Communion dan KKN di Desa Penari. Jauh sebelum kedua film tersebut banyak dibicarakan, ada satu judul film horor yang dirilis 2009 berjudul Keramat.
Pada masanya, film ini sempat disebut jadi film Indonesia paling situs judi bola horor. Sekuel dari film Keramat kini juga tengah dipersiapkan untuk tayang pada 24 November 2022. Film pertamanya masih bisa disaksikan di berbagai platform streaming hingga tayang ulang di bioskop.

Keramat bercerita tentang sebuah tim produksi film yang berangkat dari Jakarta menuju Yogyakarta untuk melakukan syuting. Di tengah-tengah aktivitas tersebut, mereka mengalami kejadian-kejadian mistis di daerah yang disucikan dan keramat.

1. Gaya film yang berbeda

Keramat dikemas seperti tidak memiliki skenario dengan menampilkan potongan-potongan gambar yang terlihat seperti kamera amatir. Inilah yang membuat Keramat jadi unik dan kemudian dianggap sebagai kejadian nyata. Monty Tiwa selaku sutradara terbilang cukup berani memperlihatkan adegan tanpa skenario seperti sebuah reality show. Pada akhirnya film ini berhasil menciptakan atmosfer yang cukup menakutkan dan menegangkan bagi penonton, terutama pecinta film horor.

Baca Juga : Sinopsis Friday the 13th, Horor Balas Dendam di Perkemahan

2. Masuk daftar film Indonesia terpenting

Film garapan Monty Tiwa ini sukses menarik perhatian penonton sejak pertama kali dirilis. Monty Tiwa berhasil menyajikan tontonan yang berbeda dari film horor pada umumnya. Kritikus film senior, Ekky Imanjaya mengungkapkan bahwa film Keramat telah berhasil membuat penonton betah menyaksikan adegan-adegan menyeramkan dalam film. Kesuksesan dan keunikan film Keramat menjadikan film ini masuk ke dalam daftar 33 film Indonesia terpenting tahun 2000-2009 pilihan rumahfilm.org.

3. Sekuel Keramat

Bagi pencinta film horor dan yang sudah mengikuti film Keramat 2009 tentunya akan sangat antusias menyambut film kedua yaitu Keramat 2: Caburan Larang. Film Keramat 2: Caburan Larang akan tayang di seluruh jaringan bioskop Indonesia pada 24 November 2022. Film ini mengisahkan perjalanan sekelompok pemuda yang terdiri dari mahasiswa, pembuat komidi gambar dokumenter, dan YouTubers mistis. Mereka dari Jakarta datang ke Cirebon dengan tujuan masing-masing. Sebelum menyakiskan sekuel keduanya, kalian masih bisa menyaksikan film Keramat 2009 di beberapa platform streaming film seperti Netflix dan Disney+ Hotstar.

4. Menggunakan nama asli pemeran

Pemilihan nama karakter dalam sebuah film merupakan komponen penting agar penonton mudah mengenal karakter yang dimainkan. Nama karakter juga akan menjadi ciri khas tersendiri untuk para pemainnya. Namun, di film Keramat 2009 ini sebagian besar pemainnya menggunakan nama asli seperti dibuat mengalir apa adanya. Seperti Poppy Sovia sebagai Poppy, Sadha Prayuda sebagai Sadha, dan Migi Parahita sebagai Migi. Ini juga yang menjadi salah satu keunikan di film Keramat.

Back To Top
error: Content is protected !!