Film Horor yang Diangkat dari Legenda dan Mitos di Indonesia, Mencekam!

Kawan Puan, film horor adalah salah satu genre andalan industri film di Indonesia. Kecuali itu, film genre ini juga menjadi favorit masyarakat karena jumpscare dan sensasi adrenalin yang dimunculkan saat menontonnya. Salah satu faktor paling kuat dari film horor Indonesia adalah cerita yang disadur dari legenda mistis di pelbagai daerah di Indonesia. Kultur Indonesia memang lekat dengan legenda mistis, maka tak heran banyak cerita-cerita yang diangkat dari kepercayaan atau mitos masyarakat setempat. Langsung, apa saja film horor yang mengangkat tema legenda dan mitos Indonesia? Kali ini, PARAPUAN mengumpulkan saran 5 film Indonesia yang diangkat dari legenda atau mitos dari pelbagai daerah. Yuk simak dan jangan lupa masukkan ke daftar tontonan akhir pekanmu, ya!

1. Satu Suro (2018) Film garapan Anggy Umbara ini menceritakan kisah pasangan muda yang diteror oleh eksistensi makhluk halus. Dalam budaya Jawa, Malam Satu Suro dipercayai sebagai malam yang mistis dan menyeramkan. Malam ini dianggap sebagai hari istimewa dunia gaib dan makhluk halus yang tak kasat mata. Film ini jadi menyeramkan karena pelbagai format makhluk halus yang menyeramkan timbul di layar. Bagi Kawan Puan yang suka menonton film penuh jump-scare, Malam Satu Suro ini adalah film sbobet login yang sesuai untuk kamu. 2. Tembang Lingsir (2019) Kawan Puan pasti terkenal dengan nyanyian Lingsir Wengi, yang kabarnya bila dinyanyikan akan mengundang makhluk halus. Film ini menceritakan kisah di balik nyanyian tersebut yang adalah budaya tradisional Jawa yang diandalkan sanggup memanggil makhluk halus. Dalam film ini, kita digambarkan perihal kekeliruan pemahaman nyanyian tersebut. Rupanya, nyanyian Lingsir Wengi dipakai untuk mengusir arwah jahat yang menyerang. Lagu ini dinyanyikan oleh Sunan Kalijaga sesudah melakukan salat di malam hari. Dalam bahasa Jawa, judul tersebut artinya “jelang tengah malam” dan berisi doa-doa serta kebanggaan.

3. Kajeng Kliwon (2020) Film berjudul Kajeng Kliwon ini menceritakan soal kebudayaan masyarakat Hindu yang ada di daerah Bali. Kajeng Kliwon adalah upacara memberikan korban suci sebagai persembahan kepada Sanghyang Widhi Wasa (Tuhan Tuhan Tuhan Esa) beserta semua keinginannya. Upacara Kajeng Kliwon ini termasuk dalam upacara Dewa Yadnya. Masyarakat Hindu di Bali percaya bahwa upacara Kajeng Kliwon begitu suci sehingga dianggap keramat. Film yang dibintangi Amanda Manopo ini dibumbui dengan cerita mistis yang memang diyakini oleh masyarakat Pulau Dewata tersebut. 4. Mangkujiwo (2020) Film yang dibintangi oleh Romansa Abigail ini menceritakan perihal asal mula lahirnya hantu Kuntilanak. Film Mangkujiwo ini adalah prekuel dari seri film Kuntilanak yang dirilis pada tahun 2018. Film ini dianggap sebagai gambaran legenda mengenai awal lahirnya kuntilanak dan konspirasi kemunculannya. Film ini memaparkan bahwa kelahiran kuntilanak dan budaya kejawen saling terkait dan memberi pengaruh. Sekiranya Kawan Puan sudah menonton seri film Kuntilanak, film ini membuatmu memahami kisah hantu yang fenomenal tersebut lebih dalam. Film ini kental dengan budaya Jawa Tengah yang penuh dengan misteri.

Back To Top
error: Content is protected !!