Pangan Ialah Olahan Makanan Jadi, Kenali Tipe-Tipe dan Semisal

Pangan yaitu sumber tenaga dan gizi yang vital bagi kehidupan manusia dan makhluk lainnya. Lebih dari sekedar keperluan dasar, pangan memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan manusia. Secara umum, pengertian pangan mencakup seluruh macam makanan yang dikonsumsi untuk memenuhi keperluan gizi dan menjaga fungsi tubuh manusia agar konsisten berjalan dengan bagus.

Pangan dapat berasal dari bermacam-macam sumber, termasuk tumbuhan, binatang, dan sumber tenaga laut. Keberagaman sumber pangan ini mencerminkan keragaman kultur di seluruh dunia, yang memberi pengaruh sistem masyarakat memasak, memberi tahu, dan mengkonsumsi makanan.

Berikut ulas mengenai pengertian pangan beserta macam-macam dan umpamanya yang sudah dirangkum dari bermacam-macam sumber, Senin (13/5/2024).

Pengertian Pangan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian pangan yaitu makanan atau olahan makanan jadi seperti penganan mahjong ways  kudapan manis, saus, dan sebagainya, yang diolah untuk diperdagangkan. Meskipun menurut UU No.18 Tahun 2012 tentang Pangan Pasal 1, pangan yaitu seluruh sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, perairan, dan air, bagus yang diolah maupun tak diolah, yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku pangan, dan bahan lain yang diaplikasikan dalam cara kerja penyiapan, pengolahan, dan/atau pembuatan makanan atau minuman.

Definisi lainnya mengungkapkan bahwa arti dari pangan yaitu bahan-bahan yang dikonsumsi tiap hari untuk memenuhi keperluan pemeliharaan, pertumbuhan, kerja, dan penggantian jaringan tubuh yang rusak.

Pangan yang aman, berkualitas, bergizi, bermacam-macam dan tersedia secara cukup yaitu persyaratan utama yang mesti dipenuhi dalam upaya terselenggaranya suatu sistem pangan yang memberikan perlindungan bagi kepentingan kesehatan serta semakin berperan dalam meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Kualitas pangan ditentukan oleh kriteria keamanan pangan, kandungan gizi, dan standar perdagangan terhadap bahan makanan dan minuman.

Dengan kata lain, pangan yaitu keperluan pokok manusia yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia. Dengan demikian, pangan yang dikonsumsi yaitu pangan yang aman, berkualitas dan bergizi. Pangan yang aman akan memberikan dampak yang bagus bagi kesehatan, berkualitas artinya pangan yang dikonsumsi memiliki kandungan gizi yang berkhasiat bagi tubuh manusia, meskipun pangan yang bergizi yaitu pangan tersebut berkhasiat bagi pertumbuhan maunusia dan kesehatan manusia.

Back To Top
error: Content is protected !!