Polisi tahan Ghisca Debora terkait kasus penipuan tiket Coldplay

Ghisca

Polres Metro Jakarta Pusat menghindar Ghisca Debora atau GDA (19), pelaku kasus penipuan tiket konser Coldplay yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Rabu malam

“Kami menerima enam laporan polisi perihal penipuan dan penggelapan tiket konser Coldplay bersama keseluruhan Rp5,1 miliar atau sebanyak 2.268 tiket,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro di Markas Polres Metro Jakarta Pusat, Senin.

Susatyo menyebutkan, enam laporan polisi di terima berasal dari VS yang mengalami kerugian Rp1,35 miliar (700 tiket), lalu AS bersama kerugian Rp1,3 miliar (600 tiket) dan MF kerugian Rp1,3 miliar (500 tiket).
Pelapor berinisial SG bersama kerugian Rp73 juta (58 tiket), AR kerugian Rp1,3 miliar (400 tiket) dan pelapor berinisial CL bersama kerugian Rp230 juta yang juga jadi anggota berasal dari lima laporan tersebut.
“Adapun kronologinya bahwa tanggal 13 November 2023 salah satu pelapor membawa Saudara GDA ke Polres Metro Jakarta Pusat yang terhadap kala itu kami masih lakukan mediasi antara pelapor bersama terlapor, sampai lantas pelapor sebabkan laporan polisi,” kata Susatyo.

Baca juga:

Sinopsis Film Mata Batin 2, Ceritakan Horor yang Lebih Segar

10 Fakta Menarik di Balik Suramnya Film Shutter Island

Polisi menetapkan GDA jadi tersangka dan dilakukan penahanan sejak Jumat lalu bersama keseluruhan saksi yang diperiksa sebanyak tujuh orang. Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro di Polres Metro Jakarta Pusat, Senin. Selanjutnya, Polres Metro Jakarta Pusat lakukan usaha paksa penggeledahan dan meraih lebih dari satu barang bukti punya tersangka seperti tas, sandal, sepatu, alat elektronik dan barang-barang lainnya.

Modus tersangka, yaitu ikut memburu tiket konser Coldplay lantas ditawarkan kepada lebih dari satu temannya yang diketahui merupakan penjaja (reseller) untuk membeli tiket tersebut.

“Dalihnya tiket tersebut adalah tiket yang dijanjikan dapat mampu menjelang pelaksanaan konser Coldplay yang padahal sampai Mei bersama November tidak tersedia komunikasi apa-pun bersama pihak perantara tiket atau sebagainya,” ujar Susatyo.

“Motif GDA idamkan menyita keuntungan Rp250 ribu per tiket,” katanya.

Polres Metro Jakarta Pusat udah menetapkan GDA sebagai tersangka dan lakukan penahanan yang juga disertai barang bukti mutasi rekening korban atas nama tersangka. Tersangka dijerat Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Pasal 378 tentang penipuan dan Pasal 372 tentang penggelapan bersama ancaman hukuman masing-masing empat tahun.

Dalam peluang itu, Ghisca mengakui kesalahannya dan berjanji dapat ikuti proses hukum. “Saya, Ghisca Debora Aritonang, saya mengakui kesalahan saya. Dan saya dapat ikuti proses hukum. Dan proses ini udah saya serahkan ke pihak Kepolisian,” ujarnya.

Back To Top
error: Content is protected !!