Review Film Hafalan Sholat Delisa Dari Awal Hingga Akhir

Review Film Hafalan Sholat Delisa Dari Awal Hingga Akhir

“Hafalan Sholat Delisa” adalah film drama Indonesia yang dirilis pada tahun 2011, disutradarai oleh Sony Gaokasak dan diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Tere Liye. Film ini mengisahkan tentang seorang gadis kecil bernama Delisa dan perjalanannya dalam menghadapi tragedi tsunami yang melanda Aceh pada tahun 2004. Berikut adalah review lengkap film ini dari awal hingga akhir:

Sinopsis Singkat

Awal Cerita:

  • Delisa dan Keluarganya: Delisa (diperankan oleh Chantiq Schagerl) adalah seorang gadis kecil yang ceria dan tinggal di desa Lhok Nga, Aceh, bersama ibunya Ummi (diperankan oleh Nirina Zubir), serta ketiga kakaknya. Ayahnya, Abi Usman (diperankan oleh Reza Rahadian), bekerja di luar negeri.

Persiapan Ujian Hafalan Sholat:

  • Delisa sedang mempersiapkan ujian hafalan sholat di sekolahnya. Dia sangat antusias dan bersemangat untuk menghafal sholat, didukung penuh oleh Ummi yang sabar dan penuh kasih sayang.

Bencana Tsunami:

  • Saat hari ujian tiba, bencana tsunami melanda Aceh. Desa Delisa hancur, dan dia terpisah dari keluarganya. Adegan tsunami digambarkan dengan dramatis dan penuh emosi, menunjukkan kepanikan dan kehancuran yang terjadi.

Perjalanan Delisa

Setelah Tsunami:

  • Delisa ditemukan dalam keadaan terluka dan dibawa ke rumah sakit. Dia kehilangan kaki kanannya dan harus beradaptasi dengan keadaan barunya. Meski mengalami kesedihan mendalam karena kehilangan ibunya dan kakak-kakaknya, semangat Delisa tetap kuat.

Kepulangan Abi Usman:

  • Abi Usman kembali ke Aceh setelah mendengar kabar tentang tsunami. Dia menemukan Delisa di rumah sakit, dan pertemuan mereka penuh dengan emosi. Keduanya harus saling menguatkan dan berusaha membangun kembali kehidupan mereka yang telah hancur.

Kekuatan Iman dan Hafalan Sholat:

  • Delisa berusaha keras untuk mengingat kembali hafalan sholatnya yang sempat terlupakan karena trauma. Dengan bantuan dan dorongan dari Abi, serta dukungan dari masyarakat sekitar, Delisa perlahan-lahan mampu mengatasi rasa takut dan kesedihannya.

Klimaks dan Akhir Cerita

Penerimaan dan Kebangkitan:

  • Delisa akhirnya berhasil menghafal kembali sholatnya dan menyelesaikan ujian hafalan sholat. Adegan sugar rush slot ini penuh haru dan menjadi simbol kekuatan dan ketabahan Delisa.

Pesan dan Harapan:

  • Film ini ditutup dengan pesan tentang pentingnya keteguhan iman, kekuatan doa, dan cinta keluarga dalam menghadapi cobaan hidup. Delisa dan Abi Usman bersama-sama mencoba memulai hidup baru, dengan tetap mengenang keluarga yang telah pergi.

Review

Kelebihan:

  1. Aktor dan Akting: Chantiq Schagerl memberikan penampilan yang sangat menyentuh sebagai Delisa, menunjukkan kepolosan dan keteguhan seorang anak kecil. Nirina Zubir dan Reza Rahadian juga memberikan penampilan yang kuat dan emosional.
  2. Cinematografi: Penggambaran bencana tsunami dilakukan dengan cukup realistis dan penuh emosi, membawa penonton merasakan kepedihan yang dialami oleh para korban.
  3. Pesan Moral: Film ini mengajarkan tentang ketabahan, kekuatan doa, dan pentingnya keluarga dalam menghadapi cobaan hidup. Pesan-pesan ini disampaikan dengan cara yang tidak menggurui, namun sangat menyentuh hati.

Kekurangan:

  1. Alur Cerita: Beberapa bagian dari alur cerita terasa lambat dan mungkin membuat penonton kehilangan fokus.
  2. Efek Visual: Meskipun adegan tsunami digambarkan dengan baik, beberapa efek visual masih terlihat kurang halus dan bisa diperbaiki untuk memberikan pengalaman yang lebih realistis.

Kesimpulan

“Hafalan Sholat Delisa” adalah film yang menggugah emosi dan memberikan pelajaran berharga tentang ketabahan dan kekuatan iman. Dengan penampilan aktor yang kuat dan cerita yang menyentuh, film ini berhasil menggambarkan betapa besar cinta dan doa dapat membantu seseorang melewati masa-masa tersulit dalam hidup. Bagi yang mencari film dengan pesan moral yang dalam dan cerita yang mengharukan, “Hafalan Sholat Delisa” adalah pilihan yang sangat baik.

Back To Top
error: Content is protected !!